2011-03-22

Zeolit Cikembar

Part 2 dari ekskursi ke Sukabumi.
Selesai belajar tentang Pasirtu, mampir sudah ke tambang zeolit. Jadi, sebelumnya, apa itu zeolit kah? Gimana nambangnya?
Atau bahkan mungkin bahan galian ini tidak cukup familiar buat anak - anak tambang sendiri karena ia tergolong pada bahan galian C. Ini wajar sekali karena kebanyakan pada kuliah, lebih penekanan pada bahan galian vital bagi pemerintah. Wajar dong, namanya juga tuntutan alami. Nah, gimana dengan zeolit ini, si batu hijau penghias banyak tempat indah yang disebut rumah?

Zeolit ini dikenal sebagai apa kalau dijual? Ya, yang penulis tahu adalah sebagai batu hias buat rumah, dan dalam bentuk lebih halus lagi jadi makanan buat ternak. Pada dasarnya, yang membuat zeolit istimewa salah satunya adalah kemampuan dia untuk menyerap air. Cincin ikatan di dalamnya bisa fleksibel bertukar dengan mengikat ion - ion penyusun air. Oleh karena itu, zeolit juga digunakan dalam dunia pertamanan.

Ekskursi kemarin dilakukan di Cikembar, sekitar 1 jam dari Cimangkok. Di sini, zeolit ditambang dalam skala cukup besar untuk ukuran tambang rakyat. Ada tempat pengolahan untuk kebutuhan batu hiasnya dan ada pabrik untuk prosessing zeolit jadi makanan ternak atau kebutuhan lainnya.

Ini adalah contoh zeolit. Pensil dijadikan komparator terhadap fragmen batuan tertentu (warna hitam) yang menyusun dari zeolit. Hal ini berkaitan dengan genesa zeolit.

Atas. Gambar menunjukkan mesin pemotong zeolit. Zeolit dari tambang diambil dengan ukuran blok yang besar, lalu diprosesing dengan mesin pemotong untuk dibuat dalam ukuran tertentu sesuai kebutuhan pasar. Dari tambang ini salah satunya dihasilkan zeolit dalam ukuran 10 x 10 cm.

Endapan ini ditemukan di Desa Cikembar. Endapan memiliki bentuk massif yang merupakan hasil diagenesa ataupun primer. Secara genesa, zeolith yang terbentuk pada daerah cikembar kemungkinan besar adalah hasil diagenesa yang terstrukturkan kuat akibat proses tektonik. Pengendapan terjadi pada daerah tersebut lalu membentuk zeolit.

Sedimen yang terendapkan ini lalu termetamorfkan karena adanya aktivitas geologi sehingga pengaruh panas dan tekanan yang berubah dengan cepat. Hal ini dapat dilihat pada kenampakan zeolit yang ada di Cikembar ini. Zeolit hasil diagenesa di tempat ini tampak sangat berbeda kenampakannya dengan yang ada di Tasikmalaya. Kenampakan luar zeolit lokasi ini lebih pada berstruktur kasar, tampak adanya model gelembung pada batuan zeolit tersebut dan sebagian pun dalam kondisi halus yang mencerminkan zeolit hasil diagenesa.

Akan tetapi, butuh dilakukan penelitian lebih lanjut karena di lapangan juga tampak pada sampel zeolit yang ditemukan memiliki sisipan slate ataupun fragmen lainnya. Keberadaan sisipan ini dapat mengindikasikan bahwa zeolith daerah tersebut juga merupakan zeolit hasil alterasi primer dari larutan hidrotermal. Selain itu juga, kristal – kristal yang tampak pada zeolith merupakan ciri hasil pembentukan zeolit secara primer. Pada pit zeolit, tampak gradasi peralihan antara bentonit dan zeolit pada bagian bawah untuk struktur horizonnya.

Secara petrologi, zeolith merupakan nama kelompok mineral yang terdiri atas Silika Alumina Hidrat dengan Alkali. Strukturnya memiliki rangka tetrahedral yang berbentuk cincin sehingga terdapat rongga yang dapat terisi oleh kation dan air dan dapat menjadi tenpat pertukaran kation. Zeolith memiliki warna kehijauan hingga sedikit putih. Dengan struktur inilah, zeolith dapat digunakan sebagai absropber.

Metode penambangan yang digunakan pada endapan zeolith di Cikembar ini adalah open pit. Para penambang mengambil potongan batuan zeolit secara manual dengan menggali ke bawah dengan besi (palu, pancil) pada ukuran 25 x 45 cm.Kemudian, potongan batuan ini langsung diproses dengan mesin ataupun pahatan manual yang disebut dengan RTM dan RTS pada finishingnya. Batuan zeolith ini diproses menjadi ukuran yang lebih kecil, yaitu 10 x 10 cm sebelum dijual ke pasar lokal.

Atas. Zeolit diambil dari tambang kecil ini dengan kedalaman hingga 10 m ke bawah. Tambang ini dapat dikatakan sebagai open pit mini. Namun, bayangkan bagaimana keselamatan pekerjanya? Antara nyawa dan kebutuhan hidup. Penggunaan mereka dengan alat masih tergolong sederhana dan cukup berbahaya jika tidak berpengalaman dengan semua kegiatan ini.

No comments:

Post a Comment