2013-02-09

Shale Gas by Dr Schulz


Shale gas menjadi salah satu pemacu revolusi energi di dunia. Tidak percaya? Harga gas dunia hampir saja 'dipermainkan' dengan ditemukannya cadangan besar shale gas di beberapa tempat di Amerika Serikat. Dengan penemuan ini, seolah title importir berganti menjadi eksportir bahkan surplus. Dalam salah satu seminar bahkan dikatakan bahwa dengan berlimpahnya komoditas ini malah membahayakan industri itu sendiri. Jadi, bagaimana ke depannya?

Dalam menjawab beberapa sumber energi alternatif, dengan semangat kami berbangga bisa membawa salah satu pakarnya dari Eropa langsung. Beliau adalah Dr. Hans-Schulz dari GFZ Helmholtz Jerman. Beliau adalah pakar di bidang hidrokarbon dan sumber energi alternatif lainnya. Kebetulan, beliau adalah kolega baik dari salah satu dosen di Tambang Eksplorasi. Undangan kuliah umum yang sebelumnya diberikan, sudah dipenuhi oleh puluhan orang yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh. 

Guest Lecture sebelumnya. Terima kasih buat semua yang sudah hadir di bulan itu. 

Berikut, isi sharing shale gas di bulan September 2012 lalu yang dapat dibagi kepada semua. Pembagian data sudah seizin yang bersangkutan. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut untuk korespodensi pada beliau, bisa dicari emailnya pada website resmi lembaga asalnya atau menghubungi kami. Semoga keterlambatan upload yang dilakukan tidak mengurangi semangat tahu dan berbaginya. 



"Tetap belajar dan terbuka akan selalu membawa kita untuk lebih tahu dan menjadi baru," ujar Prof Schulz (sudah diterjemahkan).

No comments:

Post a Comment