2017-02-15

Konsep Jigging

Pernah dengar jigging? Ini adalah salah satu metode pengolahan bahan galian yang digunakan untuk memproses pemisahan material berdasarkan perbedaan densitas dua material yang akan dipisahkan. Jigging sangat mudah ditemui di Pulau Bangka dan Pulau Belitung untuk memisahkan bijih timah dan pengotornya. 

Jigging is one of the oldest processes used to separate heavy minerals from the lighter gangue. This technology was used in Cleopatra's time to separate wheat from chaff. A jigging sieve was described by Agricola in De Re Metallica in the 16th century.

Pernyataan di atas menunjukkan bahwa jigging merupakan konsep pemisahan yang sejak dulu digunakan. Jigging merupakan proses konsentrasi berdasarkan pada aliran air ke atas. Pemisahan pada jig terjadi karena perbedaan SG (specific gravity) yang mana tiap mineral akan mengalami tiga peristiwa, yaitu: hindered settling, differential acceleration dan consolidation trickling. Agar proses pemisahan berlangsung kontinu, diperlukan adanya suction dan pulsion, dimana pada waktu terjadi suction diperlukan underwater agar besarnya suction tereliminir.

Pada pengolahan bahan galian, jigging digunakan pada mineral yang memiliki kontras densitas tinggi terhadap pengotornya. Penggunaan jigging misal dalam pemisahan kasiterit terhadap ilmenite, kuarsa dan hematite. Jigging juga dapat digunakan dalam industri batubara. Pengolahan batubara dilakukan dengan menggunakan Baum jig dan Batac jig. Baum jig sesuai digunakan untuk pencucian batubara ukuran besar, meskipun demikian akan lebih efektif melakukan pencucian pada ukuran 10 – 35 mm dengan spesifik gravity 1,5 –1,6. Modifikasi Baum jig adalah Batac jig yang biasa digunakan untuk batubara ukuran halus. Pada batubara ukuran sedang, prinsipnya dengan pulsing (tekanan) air hembusan yang berasal dari samping atau dari bawah bed. Dalam menambah bed atau mineral keras yang digunakan untuk meningkatkan stratifikasi dan menghindari pencampuran kembali. Mineral yang digunakan biasanya adalah feldspar yang berupa lump silica dengan ukuran 60 mm.
Konsep jigging secara umum di tambang batubara.
Skema (1) pulsator, (2) regulatory device, (3) jigging screen, (4) discharge device
Source: http://encyclopedia2.thefreedictionary.com/Jigging+Machine
Jenis – jenis Jig yang ada antara lain berdasarkan penimbul suction dan pulsion, plunger, diaphragm, pulsator dan air pulsator.
  1. Harz Jig
  2. Diaphragm Jig
  3. Baum Jig
  4. Circular Jig
  5. Wernco Jig
  6. Pneumatic Jig
  7. Bathe Jig

No comments:

Post a Comment