2017-02-15

Rekomendasi Buku Tambang-Geologi

Buku - buku pertambangan dan geologi di Indonesia bukan barang mudah untuk didapatkan memang. Kebanyakan publikasi terbatas pada buku - buku luar ataupun yang sudah diterbitkan dari zaman sebelum kemerdekaan atau lokal yang disedikan oleh pihak peneliti dan pemerintah, seperti Pusat Survei Geologi atau Kementerian ESDM.

Beberapa sarana yang digunakan para mahasiswa selama ini, setidaknya saya dulu, mengandalkan ebook, jurnal internasional dan lokal maupun presentasi dosen. Buku dalam bentuk cetak kalaupun ada di toko buku, harganya cukup lumayan untuk kantong mahasiswa. Akhirnya berujung kepada mengandalkan ebook yang akhirnya dicetak untuk membantu dalam membaca materi tersebut. Akan tetapi, tetap distribusinya masih sangat terbatas. Ujung - ujungnya balik kepada pertemanan dan kemampuan mencari di internet.

Baru - baru ini saya diberikan buku terbitan lokal yang dapat jadi tambahan bacaan di Indonesia dengan harga terjangkau untuk ukuran mahasiswat tambang dan geologi. Selain buku tersebut, ada beberapa buku lain yang bisa jadi rujukan kawan - kawan untuk bacaan senggang ataupun mengisi tugas - tugas dari dosen. Beberapa buku rekomendasi lokal saat ini:
  1. Tambang untuk Negeri, pengarang Resvani (masih PO), harga Rp 149.000 selama masa PO sampai akhir bulan Februari, penerbit Bhuana Ilmu Populer (Gramedia Group). Buku ini isinya tentang industri pertambangan nasional dan kebijakan di dalamnya. Penulis juga membahas bagaimana industri tambang seharusnya berkontribusi bagi negara dan perkembangan industri ini hingga saat ini. Selain itu, penulis juga menawarkan konsep pengelolaan sumberdaya alam yang menurut saya perlu dipertimbangkan untuk mendorong manfaat optimal pertambangan bagi negara. 
  2. A New Era of Project Economics and Investment Decision Techniques from Conventional Decision to Modern Real Options, pengarang Nuzulul Haq, harga langsung kontak ke penulis di http://explorerealoptions.com/publication/books/ karena buku dicetak berdasarkan request. Bagi kawan - kawan yang ingin belajar ekonomi industri tambang, buku ini adalah salah satu yang sangat direkomendasikan. Penulis adalah lulusan teknik pertambangan dengan pengalaman di industri pertambangan dan perminyakan sekitar 20 tahun, terutama untuk materi ini. Penulis juga banyak memberikan kursus terkait dengan project economics dan teknik pengambilan keputusan di seluruh Indonesia. Bagian real options merupakan nilai plus yang saya sangat sukai karena bidangnya termasuk yang paling sering saat ini digunakan dalam ekonomi mineral. 
  3. Ekonomi Migas, pengarang Benny Lubiantara, harga Rp 70.000, penerbit Grasindo. Buku ini bisa menjadi rujukan aspek komersial kontrak migas yang dibahas dari zaman awal Indonesia di OPEC hingga tata kelola migas pada tahun 2012. Meskipun belum diperbaharui dengan kondisi saat ini, buku ini tetap memberikan gambaran lugas seperti apa kontrak migas di Indonesia dan kebijakan fiskal OPEC. 
  4. Geoteknik ambang, pengarang Prof. Irwandy Arif, harga Rp 215.000, penerbit Gramedia Pustaka Utama. Buku ini ditulis oleh salah satu profesor dari Teknik Pertambangan ITB dengan pengalaman yang sudah mumpuni. Isinya tentang pembahasan keilmuan geoteknik secara teknis yang disertai dengan beberapa contoh kasus yang aktual terjadi di beberapa lokasi. Penulis memberikan deskripsi logis untuk masing - masing teori geoteknik yang juga disertai catatan referensi yang juga menarik untuk jadi referensi bacaan. 
  5. Batubara Indonesia, pengarang Prof. Irwandy, harga Rp 180.600, penerbit Gramedia Pustaka Utama. Buku ini merupakan buku pertama yang dikeluarkan oleh profesor yang sama. Penulis memberikan deskripsi terkait dengan industri batubara nasional secara lengkap yang dimulai dari sejarah, tata cara penambangan, jual beli hingga kebijakan yang terkait dengan batubara nasional. 

No comments:

Post a Comment