2017-02-15

Uji Inklusi Fluida di Indonesia, Dimana?

Beberapa kolega kembali bertanya pada saya dimana melakukan pengujian inklusi fluida di Indonesia? Pengujian ini memang belum lazim untuk digunakan sebelumnya di Indonesia. Akan tetapi, di beberapa negara lain, seperti Jepang, pengujian ini jadi salah satu tools yang wajib digunakan kebanyakan anak - anak laboratorium economic gology. Manfaat tools ini bagi eksplorasi mineral terutama sangat membantu dalam pengecekan suhu mineralisasi yang terjadi pada catatan tertentu. Tidak semua inklusi dapat digunakan untuk menjadi patokan suhu mineralisasi. Harus perhatikan asal usul inklusinya atau paragenesa yang membentuk inklusi tersebut. Cek postingan sebelumnya.

Akibatnya, metode pengujian ini sama seperti pengujian lainnya memang tidak dapat berdiri sendiri. Pengujian ini adalah pelengkap pengujian lain yang dilakukan, meskipun hasil yang diberikan bersifat kuantitatif. Pada umumnya, mereka yang menggunakan pengujian ini dalam eksplorasi emas epitermal low sulfidation misalnya, pasti akan mengkonfirmasi dengan studi alterasi dan petrografi/mineralogi agar menjadi suatu kesatuan lengkap hasil yang saling mengkonfirmasi. Jika dibilang ini boros, well, bisa dikatakan iya tapi pada dasarnya dalam konsep explorasi, tidak ada satu pendekatan saja yang berdiri sendiri untuk membuktikan keberadaan bahan galian, terutama mineral di tempat tersebut.

Balik lagi ke pengujian inklusi fluida dimana dapat dilakukan? Ada beberapa referensi lokasi yang memiliki peralatan ini, sejauh yang saya tahu per postingan dilempar di website ini ya:

  1. LIPI, Jalan Cisitu No 21/154D, Dago, Coblong, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135
  2. Pusat Survei Geologi, Jl. Diponegoro No.57, Gedung C Bandung - 40144
  3. ITB Teknik Pertambangan, Jalan Ganesha No.10
  4. Antam UP Eksplorasi
Lalu untuk pembuatan sampel inklusi fluida yang di Indonesia dikenal sebagai double polish bisa dipesan jika tidak memiliki peralatannya sendiri ke:
  1. Tekmira Bandung, Jl. Jenderal Sudirman No.623, Wr. Muncang, Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat 40211
  2. Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi Bandung, Jalan Soekarno Hatta No.444, Pasirluyu, Regol, Pasirluyu, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
  3. Pusat Survei Geologi, Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122
Per 2013, terakhir saya melakukan pembuatan sampel biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per sampel. Di atas adalah beberapa referensi untuk pengujian inklusi fluida di Indonesia yang sampai saat ini saya tahu, mungkin jika ada tambahan atau pengurangan, boleh saya diinformasikan. 

No comments:

Post a Comment