2014-01-03

Caliper logging

Caliper logging
Caliper log adalah alat untuk mengukur diameter dan bentuk suatu lubang bor. Alat ini memiliki 2, 4 atau lebih lengan yang dapat membuka di dalam lubang bor. Pergerakan lengan – lengan ini pada lubang akan diubah menjadi signal elektrik oleh potentiometer. Dalam sebuah lubang bor, diameter bersifat heterogen dari atas hingga dasar karena adanya efek tekanan dari lapisan batuan yang berbeda – beda akibat gaya tektonik. Kondisi ini yang menjadikan perbedaan dalam jumlah lengan caliper. Pada lubang yang lebih oval, dua lengan caliper akan saling mengunci pada sumbu terpanjang dari oval, sehingga akan memberikan hasil diameter yang lebih besar dibandingkan seharusnya. Akibatnya, diperlukan caliper dengan lengan yang lebih banyak.

Hasil logging caliper diplot pada suatu track yang menggunakan ukuran drilling bit sebagai perbandingan atau dengan menggambarkan selisih hasil pembacaan caliper terhadap ukuran bit diameter. Pada grafik logging, dapat ditemukan titik tertentu yang mengindikasikan volum dari lubang bor. Informasi berguna dalam mengestimasi jumlah lumpur pemboran di dalam lubang bor dan jumlah semen yang dibutuhkan untuk casing lubang. Dalam memenuhi kebutuhan ini, terdapat perhitungan matematis untuk memperolehnya. 
Hasil logging dengan caliper

Secara umum, caliper logging dapat digunakan untuk kebutuhan sebagai berikut : (a) membantu interpretasi litologi bawah permukaan; (b) indikator zona permeabilitas dan porositas akibat adanya mudcake; (c) menghitung tebal mudcake; (d) menghitung volume lubang bor; (e) menghitung kebutuhan semen untuk casing; (f) indikasi kualitas lubang bor; dan (g) membantu menentukan formasi terkonsolidasi dan kedalaman pemasangan casing, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment