2014-01-21

Siapa pemain eksplorasi dunia?

Dalam postingan ini, dipasang gambar sebaran lokasi project explorasi yang berbuah hasil signifikan di 2013. Kanada, Australia dan Amerika masih menjadi top 3 sebagai investor terbesar untuk eksplorasi sumberdaya, khususnya mineral. Akan sangat mudah menemukan banyak junior companies yang berasal dari ketiga negara tersebut. Bisnis eksplorasi sendiri meskipun memiliki resiko yang tinggi atau bahasa sebagian orang "hanya menghabiskan uang" tetapi tetap menarik untuk dilakukan. Peningkatan kebutuhan akan sumber daya yang mengiringi peningkatan perkembangan ekonomi suatu negara, mendorong kegiatan eksplorasi menjadi suatu bisnis yang tetap harus ada. 

Pada 2013, total budget global untuk eksplorasi turun hingga 29% dibandingkan 2012 (SNL reports). Kanada menjadi negara yang paling besar mengalokasikan budget untuk eksplorasi menggantikan Australia yang bertengger sejak tahun 2002. Beberapa negara bahkan merangkak naik menjadi top global exploration district. Jadi, siapa saja yang bermain dieksplorasi dunia?
Cek langsung di website berita mining.com untuk informasi lebih lanjut ya. 

2 comments:

  1. Kak bagaimana lulusan eksplorasi tambang di dunia pekerjaan? Apakah perusahaan lebih cenderung memilih geologist dibandingkan dengan eksplorasi tambang? Mihon infonya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Siapapun itu ;)
      Saya coba jawab ya berdasarkan pengalaman pribadi saya dan beberapa teman-senior yang saya kenal cukup dekat. Jadi, explorasi itu bisa bekerja sebagai insyur tambangnya atau geologi. Pilihan ini bergantung pada kemampuan kita yang diasah sejak kuliah. Beberapa senior yang saya kenal baik lulusan eksplorasi dan bekerja sebagai mine engineering. Karir mereka baik, bahkan sebagaian besar jauh lebih baik dibandingkan anak tambang umum sendiri di perusahaan. Menurut mereka memang explorasi abu-abu, tapi kita punya nilai lebih tersendiri dan butuh tambahan waktu buat belajar sendiri. Tapi terkait belajar, ini bisa disiasati sejak kuliah misalnya mulai belajar software tambang atau geologi sesuai dengan minatmu. Ijazah anak explorasi memang ditulis sebagai mining engineering tapi tidak menutup kemungkinan kerja di bidang geologi atau geotermal. Saya sendiri sampai saat ini berkarir di bidang geologi dan diakui sangat baik. Mungkin tampak sulit masuknya tapi sekali lagi bisa disiasati. Salah satunya melalui TA ataupun KP, juga mengambil beberapa kuliah tambahan di bidangnya, plus CV diperjelas. Jadi, secara ijazah semua lulusan explorasi memang akan dikenal sebagai sarjana tambang. Akan tetapi, explorasi juga bisa kerja di bidang geologi. Beberapa tambang bijih punya bagian mine geologist yang isinya bisa orang tambang atau geologi. Lulusan explorasi angkatan saya ada 2 orang yang saya tahu kerja di tambang bijih sebagai mine geologist, sisanya di bagian mining engineering di perusahaan. Bidang saya sendiri saat ini riset dan kerja dengan perusahaan bijih. Semoga membantu.

      Delete