2014-01-03

Mineral Perthite

Perthite merupakan mineral hasil pendinginan yang tidak bercampur dari solid solution pembentuk k-feldspar dan plagioklas. Terkadang, pembentukan mineral adalah stabil pada suhu tinggi dan menjadi tidak stabil ketika terjadi penurunan suhu. Akibatnya, tidak terjadi pencampuran sehingga ada butir yang terbentuk terdiri blebs, patches (seperti tambalan) atau serabut  di antara  kedua mineral terbentuk. 

Perthite tumbuh sebagai intergrowth di antara pembentukan dua mineral K-Feldspar yang berbeda dalam satu batuan. Perthite biasanya terdiri dari vein atau garis dari feldspar pada mineral feldspar lainnya. Perthite dapat merupakan kombinasi albite yang bercampur dengan ortoklas (microcline).

Perthite dengan kristal plagioklas
perthite
Tipe perthite dapat dibagi berdasarkan :
  • asal pembentukannya, yaitu ada antiperthite dan mesoperthite. Antiperthite adalah perthite ini berasal dari K-feldspar (contoh microcline dan ortoklas) yang terbentuk pertama kali, lalu baru Na-feldspar (contoh albite dan oligoclase). Mesoperthite adalah perthite yang terbentuk berkebalikan dengan antiperthite. 
  • ukurannya, yaitu cryptoperthite, microperthite, dan macroperthite. Cryptoperthite merupakan perthite dengan ukuran yang sangat halus. Microperthite merupakan perthite yang ukurannya lebih besar dari cryptoperthite, dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Macroperthite adalah perthite dengan ukuran paling besar.
  • tipe, yaitu perthite, amazonite-perthite, dan orthoclase-perthite. Perthite adalah pertumbuhan yang terjadi antara albite dan microcline. Amazonite-perthite adalah perthite yang tumbuh antara albite dan microcline hijau (amazonite). Orthoclase-perthite adalah perthite yang tumbuh antara albite dan orthoclase. 

No comments:

Post a Comment