2017-03-08

Mengapa Jurusan Teknik Pertambangan?

Martha Mine, New Zealand
Berbicara banyak pilihan mendekati SNMPTN tahun ini pun pasti tidak akan ada ujungnya. Seperti pengalaman tahun yang sudah - sudah, kebanyakan anak - anak SMA yang akan kuliah di tahun itu masih memiliki keraguan masuk jurusan mana dan terkadang belum tahu minatnya dimana. Hal yang sangat - sangat normal pada saat - saat seperti ini. Saya juga demikian dulunya. Memilih jurusan hanya berdasarkan cita - cita dan minat terbesar untuk ke lapangan yang nantinya seiring jalan, saya jadi tahu bukan di situ rencana yang Tuhan buat untuk saya. Cerita lengkap ini ada di Vios Journey #with a thankful heart terkait dengan memilih dan jalan yang akhirnya saya temukan. Dalam postingan ini, saya hanya akan sharing sedikit mengapa harus jurusan teknik pertambangan? 

Sebagai alumni dari jurusan ini dari salah satu institut di Indonesia, saya melihat ada banyak perspektif terkait dengan jurusan pertambangan, terutama bagi wanita. Mungkin bagi kebanyakan orang tua, teknik pertambangan bukanlah pilihan pertama yang disarankan kepada anak - anaknya. Terlebih pada masa sekarang di saat industri tambang cenderung tidak menentu, yang tentunya beda keadaannya pada akhir 2009 hingga 2012 di tengah kejayaannya.

Tambang sebenarnya adalah satu dari dua industri tertua di dunia. Bagi orang - orang tambang, slogan if it is not grown, then it must be mined adalah jurus ampuh untuk berbangga hati dengan kehadiran tambang. Tak pelak seluruh kebutuhan manusia saat ini bersumber dari barang tambang. Disadari atau pun tidak. Seluruh teknologi yang digunakan manusia untuk menopang hidupnya sejak masa purbakala bahkan telah ditopang oleh tambang, misalnya dengan obsidian yang notabene pun harus ditambang atau digali dari tempatnya sebelum bisa digunakan untuk berburu atau memotong makanan. Bahan tambang pun digunakan sebagai penamaan bagi zaman atau peradaban yang kita lalui, misalnya zaman tembaga dan zaman perunggu. 

Angsa hitam di Danau Taupo, NZ.
Pada masa modern ini, posisi tambang semakin strategis untuk peradaban. Hampir semua benda yang dipegang dan bahkan addicted, seperti telepon genggam, laptop bahkan internet, berasal dari industri tambang sebagai bahan dasar. Terbayang jika tidak ada barang tambang, maka peradaban saat ini tidaklah terbangun dengan apik. Barang tambang pun sangat mungkin menjadi sumber pemicu konflik antar negara. Siapa sangka energi bisa menjadi salah satu penyebab yang sangat mungkin saat ini untuk memicu perang dunia ketiga. 

Sedemikian pentingnya tambang sebagai salah satu bagian dari peradaban, bisa jadi salah satu alasan penting untuk jadi bagian dari jurusan Teknik Pertambangan. Alasan lainnya dari perspektif saya:
  1. Negara Indonesia itu memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan beragam karena sejarah geologi dan posisi geografisnya yang sangat strategis. Masih banyak yang belum tereksplor dan menunggu dikelola dengan optimum. 
  2. Keilmuan tambang yang komprehensif dan bisa diterapkan di berbagai bidang keilmuan lainnya.
  3. Jurusan ini menyediakan kesempatan yang luas untuk berkarir di berbagai sektor, bukan hanya tambang itu sendiri, misalnya perbankan, peneliti, pengajar, pengusaha, perminyakan, politisi dan lainnya. 
  4. Teknik pertambangan memberikan kesempatan, baik pria dan wanita untuk bekerja di lapangan.
  5. Teknik pertambangan memberikan kesempatan bekerja dengan lintas sektor, latar belakang pendidikan dan kebudayaan. Bekerja di sektor ini harus siap dengan lingkungan pekerjaan di remote dan pastinya multikultural. 
  6. Pertambangan merupakan sektor pendongkrak bagi devisa dan berkontribusi besar bagi negara selain migas, meskipun seringkali yang ditonjolkan hanya aspek lingkungan. Perannya juga jadi vital. 
  7. Kesempatan bekerja di luar negeri untuk jurusan ini juga terbuka lebar, terlebih tambang merupakan industri penyokong di banyak negara, seperti Australia, Peru, Kanada, China, Mongolia, Afrika Selatan dan lainnya.
  8. Jurusan tambang di Indonesia di universitas/institut tertentu sudah tersertifikasi internasional sehingga lulusannya diakui di industri tambang internasional. 
  9. Biasanya ikatan alumninya juga kuat.

No comments:

Post a Comment